google-site-verification: googled93a9cab977745d2.html TUGAS SEKOLAH FUN: APA ITU INTERNET

Search This Blog

Sunday 17 April 2016

APA ITU INTERNET

APA ITU INTERNET



Internet banyak digunakan oleh manusia dalam berbagai aktivitasnya seperti untuk mencari informasi berkomunikasi, hiburan, dan aktivitas lainnya. Sejak diciptakan pada 1970-an internet terus memikat untuk dieksploitasi, digali, serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Selain sangat – sangat terkenal di berbagai kalangan internet mudah digunakan siapapun bahkan mereka yang hanya memiliki pengetahuan relative minim, internet dapat pula menjadi ajang untuk bergaul yang murah, tempat mencari informasi tentang dunia hiburan, pendidikan dan lowongan kerja yang terkini karena para penyaji informasi memiliki kepentingan untuk selalu memperbaharui informasi yang disajikan di internet.
Internet adalah singkatan dari interconnected network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer lain dengan waktu yang cepat,tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut.
Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dan jaringan ( network of network ) setiap computer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Dua arah secara langsung seketika itu juga (realtime). Internet merupakan sebuah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan – peraturan dan batas – batas wilayah territorial Negara tertentu.
Pada dasarnya, internet adalah kumpulan 2 komputer atau lebih diseluruh dunia yang saling berhubungan membentuk jaringan computer. Internet dapat diibaratkan seperti jaring laba – laba yang menyelimuti bumi dan terdiri atas titik (node) yang saling berhubungan. Node tersebut dapat berupa personal computer, laptop, atau peralatan komunikasi seperti : handphone dan PDA (personal data assistance) node tersebut dapat berhungsi sebagai pusat informasi atau sebagai pengguna yang mencari dan bertukar informasi melalui internet. Garis penghubung antar node disebut internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serta optic, maupun gelombang mikro ( microwave ).
Untuk mendapatkan akses internet, sebuah computer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau internet service provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita akan mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan computer dengan computer service hubungan antara computer pengguna dengan computer service perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telephone ( dial up ) dengan menggunakan peralatan modern.
Internet merupakan sebuah kompulan global (mendunia) ribuan jaringan computer dan jutaan computer. Computer pribadi yang dikelola secara bebas internet telah memungkinkan komunikasi antara computer dengan menggunakan TCP ( Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.
Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapapun yang terhubung kedalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena internet menyediakan fasilitas – fasilitas yang memungkinkan setiap mengakses untuk berbagai informasi.
Jaringan internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layar computer pribadi masing – masing. Bagi orang awam, kata – kata word wide web (WWW) sudah menjadi keseharian mereka.
Web adalah sekumpulan computer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Diantara computer dapat berinteraksi sehingga data yang terdapat dikomputer lain dapat diakses deh computer kalian.sebaliknya, data yang ditampilkan dikomputer kalian dapat diakses oleh computer lain keadaan ini yang memunculkan istilah word wide (mendunia) sehingga word wide web (WWW) artinya mendunia.

Web mulai digunakan untuk aplikasi yang banyak membutuhkan interaksi dari pengguna. Bahkan, belakangan ini muncul istilah e-learning, e-commerce, e-government, virtual university, dan sebagainnya, yang semuannya menggambarkan pemanfaatan teknologi informasi, termasuk web sebagai media penyampaian dan pengambilan informasi.

No comments:

Post a Comment