google-site-verification: googled93a9cab977745d2.html TUGAS SEKOLAH FUN: MAKALAH TARI MERAK ANGELO (MAKALAH TARI BALI)

Search This Blog

Monday 9 May 2016

MAKALAH TARI MERAK ANGELO (MAKALAH TARI BALI)

MAKALAH TARI MERAK ANGELO

BAB I
PENDAHULUAN





LatarBelakang
Nusantara denganmajemuksenidanbudayanya, kaya akansenitradisi, senitaritermasuk di dalamnya. Dalamupacara-upacaraadatkenegaraanselaludipertontonkan pertunjukantari.Indonesia ialahnegarakepulauanyangterdiridariberbagaimacamsuku, bahasa, budaya, danadatistiadat, sepertitariantradisional.Keragamanyangada di negara Indonesia menjadisuatukekayaanyangtakbisaterhitungnilainya.Keragamantersebutbukanmenjadipemicuadanyaperpecahan di Indonesia.Bahasa Indonesia ialahsalahsatuupayabuatmempersatukanmasyarakat Indonesia yangmajemuksuku, bahasa, budaya, danadatistiadat.Selainitu, sebagaibahasapemersatu, bahasa Indonesia sebagaibahasanasional. Denganbegitu, masyarakat Indonesia bisamengenaldanmempelajarikebudayaandaerah lain.Masyarakat Indonesia sudahdiperkenalkandengankeragamanbudayayangada di Indonesia sejakmasukke global pendidikan.Ataubahkansudahdiperkenalkanoleh orang tuanya.Indonesia kaya akansenidanbudaya, adabanyakragamsenidanbudayayangberkembang di Indonesia, mulaidariSabangsampaiMerauke, kitadapatmendapatisenidanbudayayangunikdanindah.Jikaharusmenyebutkan, menuliskanataumenyusunkeragamansenidanbudayaitu, niscayaakanadabanyaksenidanbudayayangmungkintakdikenal. Bagaimanatidak, buatsatudaerah di manakitatinggalsajaadabegitubanyakkeragamannya.Itulahbuktikonkretbetapakayanyanegarakitaakansenidanbudaya.Olehkarenaitu, kitasebagaigenerasimudasudahselayaknyamempelajarikhususnyakesenian Bali di bidangtaritradisional.

Rumusanmasalah
1. RagamgeraktariMerak Angelo
2. Tata busanatariMerak Angelo
3. Tata riastariMerak Angelo



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SejarahTariMerak Angelo
TariMerak Angelo, adalahtari yang menggambarkanburungmerakjantandenganbangganyamemamerkankeindahanbuluekornya yang panjangdanberwarna-warniserayameliuk-liukkanbadannyadenganmaksudmenarikperhatianburungmerakbetina. TariMerak Angelo merupakantarian yang diciptakanoleh I Ketut Rena S.ST.
Padasaatpertamakeluarpentasseakanpenaridatangmematukpenonton.Selanjutnyakelihatansuasanapenarimulaibergayapenari Bali lainnya.Yang paling menariksaatparapenarimemainkanekornyabegituindahdansangatmenarik.Seakaninginmemamerkanekornya yang begituindah, terlihatjugasaatpenarimemblakangipenontondanmengibas-ibaskankainekornya.Gerakankekiridankekananspertiburungsedangbermainjugakerap kali ditampilkan.
Pertunjukantariiniseringdibawakansaatpentasseni-seni di Bali.Terutamasaatpentastari-tarian Bali sebagaihiburanwarga-wargabaik di desamaupunkota, kelulusansiswadanhiburanselinganupacarakeagamaan.
Tarianinimenceritakantentangburungmerak yang menampilkankeindahanbuluekornya yang panjangdanberwarna-warniuntukmencuriperhatian sang betina. 
Tarianiniditarikanolehkaumwanita, karenakaumwanitalebihcocokmencerminkangerakan-gerakan yang dilakukanolehburungmerakjantan.
 
2.2 RagamGerakTariMerak Angelo
Yang dimaksudgerakadalahserangkaianbentukperubahanatauperpindahandarianggotatubuh.RagamgeraktariMerak Angelo yaituagem, tandangdantangkepsemua agar menyerupaiburungdankeelokannya.

2.3 Tata BusanaTariMerak Angelo
Busana yang dikenakanmiripdenganburungmerak.Mulaidarimahkota yang berisikepalamerakdanbeberapabuluterselip di belakangmahkota.Pakaian yang dikenakanjugamirip, daricorakwarnajugaada motif ekormerak di kainbelakanglayaknyaekorindahmerak yang sedangberdiri.Kostumnya yang berwarnawarnisangatmencerminkancirikhasburungmerak, yang paling menarikperhatianadalahbagiansayapnya yang dipenuhidenganpayetdandapatdibentangkanoleh sang penari. Dan mahkota yang berhiaskankepalamerak yang disebut singer akanbergoyang-goyangsetiappenarimenggerakkankepalanya. Tata busanatariMerak Angelo yaitupakaian yang digunakanolehseorangpenari, untukmeriasdanmenutupibadan, kegunaantatabusana agar terlihatmenarikpadasaatmenaridankelihatanlebihindah: tatabusana yang digunakantariMerak Angelo yaitu: gelungan, subeng, gelangkanan, sabuklilitprade, kamben, tutup dada, gelang kaki, danampok-ampok.
1.      Gelunganyaitu yang digunakanuntukmenutupikepalaataubisadisebut singer.
2.      Subengyaitu yang digunakan di telingakanandankiri agar kelihatanseorangpenarilebihcantik/indah.
3.      Gelang kana yaitugelang yang digunakan di tangankanandankirigunanya agar lebihkelihatanmenarik.
4.      Sabuklilitpradeyaitusabuk yang dililitkan di badanseorangpenarigunanyauntukmemperkuatdanmenutupibadanseorangpenari.
5.      Kambenyaitutatabusana yang dipergunakan di bawaholehseorangpenari agar seorang yang menarikantarianMerak Angelo kelihatanrapidanbagusketikamenggunakankamben, karenakambenmerupakantatabusana yang digunakanolehsetiappenari.
6.      Tutup dada yaitutatabusana yang digunakanuntukmenutupiauratbadanbagian dada agar dada tidakkelihatanpadasaatmenarikantariMerak Angelo.
7.      Ampok-ampokdiletakkanpadapinggang.


2.4 Tata RiasTariMerak Angelo
Tata riasnyasamasepertitatariaspadaumumnya. Tapiada yang menonjolyaitubagianbawahmata yang diberieyeshadowdangoresan eyeliner.Tapibisadigantidenganhiasan diamond di pelipis.Yang dimaksuddengantatariasadalahuntukmempertegaskarakterseorangpenari agar terlihatlebihcantikdanmenarik. Tata riastariMerak Angelo yaitu:
1.      Alas bedakyaitu yang digunakanpertamapadasaatmemekapiseorangpenari.
2.      Bedakyaitualat yang digunakannomor 2 padasaatmemekapiseorangpenari.
3.      Pupuryaitudigunakanuntukseorangpenari agar kelihatanlebihputihdananggun.
4.      Pensilalisyaituuntukmempertajambulualis agar lebihkelihatan.
5.      Eyeshadowyaitu make-up yang digunakanpadakelopakmata:
-          Warnabirubagianbawahmelambangkankebaikan.
-          Warnamerahbagiantengahmelambangkanpemberanidankeceriaan.
-          Warnakuningbagianatasmelambangkankesucian.
6.      Merahpipidigunakanpadapipiseorangpenari agar terlihatlebihcantik, anggun, dankelihatanindahpadasaattersenyum, makaseorangpenarikelihatansangatcantik.
7.      Lipstick yaitudigunakanpadabibirseorangpenarigunauntukmengolesibibir agar kelihatanlebihmanispadasaatpenaritersenyum.
8.      Garistengahyaitu yang dipasangkanpadajidatseorangpenari agar kelihatanlebihgagahdanpemberaniwarnapadagaristengahyaitumerahdanhitam.
9.      Eye liner yaitusebagaipenegasgarismata.





























BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan
TariMerak Angeloadalahtari yang menggambarkanburungmerakjantandenganbangganyamemamerkankeindahanbuluekornya yang panjangdanberwarna-warniserayameliuk-liukkanbadannyadenganmaksudmenarikperhatianburungmerakbetina. 


3.2 Saran
            Sebagaisiswa, kitaharusikutberpartisipasimelestarikanbudaya Bali melaluisenitaridengancaramempelajaritaritradisional Bali.





















DAFTAR PUSTAKA




No comments:

Post a Comment