TUGAS EVALUASI PENDIDIKAN
“FORTOFOLIO ASESSMENT”
PERFORMANCE
ASESSMENT
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Yadnya
(saranapersembahyangan)
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampumemahamimaknasaranapersembahyangan.
Mampumengetahuiisisaranapersembahyangan
(Daksina).
Mampumembuatsaranapersembahyangan (Daksina).
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapatmemahamimaknasaranapersembahyangan.
Dapatmengetahuiisisaranapersembahyangan
(Daksina).
Dapatmembuatsaranapersembahyangan (Daksina).
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
Performance Assesment.
|
|
7.
|
Asessment
Task
|
:
|
MembuatDaksina.
|
|
8.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Check List.
|
|
9.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
9.1
|
Kelengkapan
|
|
|
|
9.2
|
Etika
|
|
|
|
9.3
|
Kerapian
|
10.
Kisi-Kisi
Aspek
|
Deskriptor
|
No
Item
|
Kelengkapan
|
1.
Daksinaterdiridari alas/serobong
daksina, tampak dara, beras, sirih temple, kelapa, telor itik, pisang,
kojong, kemiri/tingkih, kluwek/pangi, gegantusan, papesalan, bija ratus,
benang tukelan, uang kepeng.
|
1
|
Etika
|
1.
KondisiperlengkapanDaksinasegar,
tidakbusuk/kotor.
2.
Alatdanbahan yang
digunakansesuaidenganketentuansastra/lontar.
3.
Tata
letak/penyusunanbahansesuaidengansastra/lontar.
|
2
3
4
|
Kerapian
|
1.
Penempatan bahan teratur dan
tidak semberautan
|
5
|
11.
Instrument
No
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Daksinaterdiridari alas/serobong
daksina, tampak dara, beras, sirih temple, kelapa, telor itik, pisang,
kojong, kemiri/tingkih, kluwek/pangi, gegantusan, papesalan, bija ratus,
benang tukelan, uang kepeng..
|
|
|
|
|
2
|
KondisiperlengkapanDaksinasegar,
tidakbusuk/kotor.
|
|
|
|
|
3
|
Alatdanbahan yang
digunakansesuaidenganketentuansastra/lontar.
|
|
|
|
|
4
|
Tata
letak/penyusunanbahansesuaidengansastra/lontar.
|
|
|
|
|
5
|
Penempatan bahan teratur dan tidak
semberautan
|
|
|
|
|
Keterangan:
1
= SangatBaik
2
= Baik
3
= Cukup
4
= Kurang
SELF
ASESSMENT
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Sradha
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampu menjelaskan pengertian mokasa
Mampu menyebutkan tingkatan mokasa
Mampu menjelaskan jalan untuk mencapai
moksa
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapat menjelaskan pengertian mokasa
Dapat menyebutkan tingkatan mokasa
Dapat
menjelaskan jalan untuk mencapai moksa
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
Self Assesment.
|
|
7.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Check List.
|
|
8.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
8.1
|
Pengertian
|
|
|
|
8.2
|
Tingkatan
|
|
|
|
8.3
|
Jalan/cara
|
9.
Kisi-Kisi
Aspek
|
Deskriptor
|
No
Item
|
Pengertian
|
1.
Menjelaskanpengertian moksa
|
1
|
Tingkatan
|
1.
Menyebutkan tingkatan – tingkatan
moksa
2.
Menjelasakan masing – masing
tingkatan moksa
|
2
3
|
Jalan/cara
|
1.
Menyebutkan jalan/cara untuk
mencapai moksa
2.
Menyebutkan bagian – bagian
astangga yoga
|
4
5
|
10.
Instrument
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Sayabisamenjelaskanpengertian moksa.
|
|
|
2
|
Sayabisamenyebutkan tingkatan –
tingkatan moksa
|
|
|
3
|
Sayabisamenjelaskan masing – masing
tingkatan moksa
|
|
|
4
|
Sayabisamenyebutkan jalan/cara untuk
mencapai moksa
|
|
|
5
|
Sayabisamenyebutkan bagian – bagian
astangga yoga
|
|
|
OTENTIK
ASESMEN
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Nawa
Dewata
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampu menjelaskan pengertian Nawa
Dewata
Mampu menyebutkan bagian – bagian Nawa
Dewata.
Mampu menjelaskan hubungan Nawa Dewata
dengan Sang Hyang Widhi
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapat menjelaskan pengertian Nawa
Dewata
Dapat menyebutkan bagian – bagian Nawa
Dewata.
Dapat menjelaskan hubungan Nawa Dewata
dengan Sang Hyang Widhi
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
TesUraianSingkat
|
|
7.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Tes
|
|
8.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
8.1
|
Pengertian
|
|
|
|
8.2
|
Bagian - bagian
|
|
|
|
8.3
|
Hubungan
|
9.
Kisi-Kisi
No
|
Indikator
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Menjelaskan
pengertian Nawa Dewata
|
1.
Kata “Nawa” dalam dewata
berarti….
2.
Kata “Dewata” dalam nawa dewata
berarti..
|
1.
Sembilan
2.
Dewa/manifestasi Sang hyang Widhi
|
2
|
Bagian
– bagian Nawa Dewata
|
3.
Bagian nawa dewata yang menguasai
arah timur yaitu…
4.
Dewa samsakara merupakan dewa
penguasa arah……
|
3.
Dewa iswara
4. Barat
laut
|
3
|
Hubungan
Nawa Dewata dan Sang Hyang Widhi
|
5.
Dalam hubunguanya nawa dewata
sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi berstana di……
|
6.
Pura Kahyangan jagat
|
10.
Instrument
Isilahtitik
di bawahinidenganjawaban yang benar!
1. Kata
“Nawa” dalam dewata berarti….
2. Kata
“Dewata “dalam nawa dewata berarti…..
3.
Bagian nawa dewata yang menguasai arah
timur yaitu…
4.
Dewa samsakara merupakan dewa penguasa
arah……
5.
Dalam hubunguanya nawa dewata sebagai
manifestasi Sang Hyang Widhi berstana di……
OTENTIK
ASESMEN
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VIII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Orang
Suci
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampu menjelaskan pengertian orang suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang
suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapat menjelaskan pengertian orang
suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang
suci
Dapat
mengetahui tingkatan orang suci.
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
True False Test
|
|
7.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Tes
|
|
8.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
8.1
|
Pengertian
|
|
|
|
8.2
|
Ciri - ciri
|
|
|
|
8.3
|
tingkatan
|
9.
Kisi-kisi
No
|
Pernyataan
|
True
|
False
|
1
|
Orang suci adalah manusia yang
memiliki kekuatan mata batin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani serta
mempunyai kepekaan untuk menerima wahyu tuhan.
|
√
|
|
2
|
Berpenampilan tegang dan menakutkan
merupakan ciri – ciri orang suci
|
|
√
|
3
|
Rohaniawan Hindu yang langsung
menerima wahyu dari Sang Hyang Widhi disebut Pinandita
|
|
√
|
4
|
Rohaniwan Hindu yang telah
melaksanakan upacara diksa (dwijati) disebut sulinggih
|
√
|
|
5
|
Dalam tingkatan orang suci pinandita
berada pada tingkatan tertinggi
|
|
√
|
10.
Instrument
Isilahtitik-titik
di dalamkurungdengan T jikapernyataanbenardan F jikapernyataansalah.
1. (…)Orang
suci adalah manusia yang memiliki kekuatan mata batin dan dapat memancarkan
kewibawaan rohani serta mempunyai kepekaan untuk menerima wahyu tuhan.
2. (…)
Berpenampilan tegang dan menakutkan merupakan ciri – ciri orang suci
3. (…)
Rohaniawan Hindu yang langsung menerima wahyu dari Sang Hyang Widhi disebut
Pinandita
4. (…)Rohaniwan
Hindu yang telah melaksanakan upacara diksa (dwijati) disebut sulinggih
5. (…)Dalam
tingkatan orang suci pinandita berada pada tingkatan tertinggi
OTENTIK
ASESMEN
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VIII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Orang
Suci
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampu menjelaskan pengertian orang
suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang
suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci.
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapat menjelaskan pengertian orang
suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang
suci
Dapat
mengetahui tingkatan orang suci.
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
Matching Test
|
|
7.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Tes
|
|
8.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
8.1
|
Pengertian
|
|
|
|
8.2
|
Ciri - ciri
|
|
|
|
8.3
|
Tingkatan
|
9.
Kisi-Kisi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Rsi penerima wahyu
|
Sapta
rsi
|
2
|
Tingkatan
tertingggi orang suci
|
Maharesi
|
3
|
Melaksanakan dwijati
|
Pandita
|
4
|
Pinandita
|
Ekajati
|
5
|
Muput persembahyangan purnama /tilem
|
Pemangku
|
10.
Instrument
NO
|
PERNYATAAN A
|
PERNYATAAN B
|
1
|
Rsi penerima wahyu
|
a.
Pemangku
b.
Pinandita
c.
Ekajati
d.
Sapta rsi
e.
maharesi
|
2
|
Tingkatan
tertingggi orang suci
|
|
3
|
Melaksanakan dwijati
|
|
4
|
Pinandita
|
|
5
|
Muput persembahyangan purnama /tilem
|
OTENTIK
ASESMEN
1.
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Agama
Hindu
|
|
2.
|
Kelas
|
:
|
SMP
(VIII)
|
|
3.
|
StandarKompetensi
|
:
|
Orang
suci
|
|
4.
|
KompetensiDasar
|
:
|
4.1
4.2
4.3
|
Mampu menjelaskan pengertian orang
suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang
suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci
|
5.
|
Indikator
|
:
|
5.1
5.2
5.3
|
Dapat menjelaskan pengertian orang
suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang
suci
Dapat
mengetahui tingkatan orang suci.
|
6.
|
MetodeAssesment
|
:
|
Objective Test
|
|
7.
|
PerangkatAsessment
|
:
|
Tes
|
|
8.
|
Aspek
yang dinilai
|
:
|
8.1
|
Pengertian
|
|
|
|
8.2
|
Ciri – ciri
|
|
|
|
8.3
|
tingkatan
|
9.
Kisi-Kisi
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Manusia yang memiliki kekuatan mata
batin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani disebut…..
|
1.
orang suci
|
2
|
Rohaniawan Hindu yang sudah
melaksanakan upacara diksa disebut……..
|
2.
sulinggih
|
3
|
Berikut adalah rsi – rsi yang menerima
wahyu Tuhan, kecuali………
|
3.
Rsi Yyasa
|
4
|
Seseorang akan menjadi pinandita
setelah melaksanakan upacara…
|
4.
Mawinten
|
5
|
1)
wanita yang tidak kawin (kanya)
2)
pasangan suami istri yang sah
3)
berpengalaman luas
4)
cacat fisik dan rohani
5)
berhati keras
dari pernyataan diatas yang termasuk
syarat pandita adalah…………
|
5.
(1,2,3)
|
10.
Instrument
Pilihlahsalahsatujawaban
yang benar!
1.
Manusia memiliki kekuatan mata bathin
dan dapat memancarkan kewibawaan rohani disebut…
a. Orang
kafir d. orang gila
b. Orang
sakti e. orang
sakit
c. Orang
suci
2.
Rohaniawan Hindu yang telah melaksanakan
upacara madiksa disebut………
a. Balian d. pinandita
b. Pemangku e. dukun
c. Sulinggih
3.
Berikut ada;ah rsi – rsi penerima wahyu
Tuhan kecuali………
a. Grtsamada
d. Kanva
b. Vyasa e. Atri
c. Vasista
4.
Seseorang akan menjadi pinandita setelah
melaksanakan upacara ….
a. Mawinten d. diksa
b. Ngaben e. metatah
c. nganten
d. wanita
yang tidak kawin (kanya)
e. pasangan
suami istri yang sah
f. berpengalaman
luas
g. cacat
fisik dan rohani
h. berhati
keras
dari
pernyataan diatas yang termasuk syarat pandita adalah…………
a. (1,3,5) d. (1,4,5)
b. (3,2,1) e. (1,2,4)
c. (2,4,5)
No comments:
Post a Comment