google-site-verification: googled93a9cab977745d2.html TUGAS SEKOLAH FUN: TUGAS EVALUASI PENDIDIKAN “FORTOFOLIO ASESSMENT”

Search This Blog

Monday, 11 April 2016

TUGAS EVALUASI PENDIDIKAN “FORTOFOLIO ASESSMENT”

TUGAS EVALUASI PENDIDIKAN
“FORTOFOLIO ASESSMENT”




PERFORMANCE ASESSMENT


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VII)
3.
StandarKompetensi
:
Yadnya (saranapersembahyangan)
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2

4.3
Mampumemahamimaknasaranapersembahyangan.
Mampumengetahuiisisaranapersembahyangan (Daksina).
Mampumembuatsaranapersembahyangan (Daksina).
5.
Indikator
:
5.1
5.2

5.3
Dapatmemahamimaknasaranapersembahyangan.
Dapatmengetahuiisisaranapersembahyangan (Daksina).
Dapatmembuatsaranapersembahyangan (Daksina).
6.
MetodeAssesment
:
Performance Assesment.
7.
Asessment Task
:
MembuatDaksina.
8.
PerangkatAsessment
:
Check List.
9.
Aspek yang dinilai
:
9.1
Kelengkapan



9.2
Etika



9.3
Kerapian
10. Kisi-Kisi
Aspek
Deskriptor
No Item
Kelengkapan
1.      Daksinaterdiridari alas/serobong daksina, tampak dara, beras, sirih temple, kelapa, telor itik, pisang, kojong, kemiri/tingkih, kluwek/pangi, gegantusan, papesalan, bija ratus, benang tukelan, uang kepeng.
1
Etika
1.      KondisiperlengkapanDaksinasegar, tidakbusuk/kotor.
2.      Alatdanbahan yang digunakansesuaidenganketentuansastra/lontar.
3.      Tata letak/penyusunanbahansesuaidengansastra/lontar.
2

3

4
Kerapian
1.      Penempatan bahan teratur dan tidak semberautan
5

11. Instrument
No
Pernyataan
1
2
3
4
1
Daksinaterdiridari alas/serobong daksina, tampak dara, beras, sirih temple, kelapa, telor itik, pisang, kojong, kemiri/tingkih, kluwek/pangi, gegantusan, papesalan, bija ratus, benang tukelan, uang kepeng..




2
KondisiperlengkapanDaksinasegar, tidakbusuk/kotor.




3
Alatdanbahan yang digunakansesuaidenganketentuansastra/lontar.




4
Tata letak/penyusunanbahansesuaidengansastra/lontar.




5
Penempatan bahan teratur dan tidak semberautan





Keterangan:
1 = SangatBaik
2 = Baik
3 = Cukup
4 = Kurang
















SELF ASESSMENT


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VII)
3.
StandarKompetensi
:
Sradha
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2
4.3
Mampu menjelaskan pengertian mokasa
Mampu menyebutkan tingkatan mokasa
Mampu menjelaskan jalan untuk mencapai moksa
5.
Indikator
:
5.1
5.2
5.3
Dapat menjelaskan pengertian mokasa
Dapat menyebutkan tingkatan mokasa
Dapat  menjelaskan jalan untuk mencapai moksa
6.
MetodeAssesment
:
Self Assesment.
7.
PerangkatAsessment
:
Check List.
8.
Aspek yang dinilai
:
8.1
Pengertian



8.2
Tingkatan



8.3
Jalan/cara
9. Kisi-Kisi
Aspek
Deskriptor
No Item
Pengertian
1.      Menjelaskanpengertian moksa
1
Tingkatan
1.      Menyebutkan tingkatan – tingkatan moksa
2.      Menjelasakan masing – masing tingkatan moksa
2
3
Jalan/cara
1.      Menyebutkan jalan/cara untuk mencapai moksa
2.      Menyebutkan bagian – bagian astangga yoga
4
5
10. Instrument
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Sayabisamenjelaskanpengertian moksa.


2
Sayabisamenyebutkan tingkatan – tingkatan moksa


3
Sayabisamenjelaskan masing – masing tingkatan moksa


4
Sayabisamenyebutkan jalan/cara untuk mencapai moksa


5
Sayabisamenyebutkan bagian – bagian astangga yoga




OTENTIK ASESMEN


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VII)
3.
StandarKompetensi
:
Nawa Dewata
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2
4.3
Mampu menjelaskan pengertian Nawa Dewata
Mampu menyebutkan bagian – bagian Nawa Dewata.
Mampu menjelaskan hubungan Nawa Dewata dengan Sang Hyang Widhi
5.
Indikator
:
5.1
5.2
5.3
Dapat menjelaskan pengertian Nawa Dewata
Dapat menyebutkan bagian – bagian Nawa Dewata.
Dapat menjelaskan hubungan Nawa Dewata dengan Sang Hyang Widhi
6.
MetodeAssesment
:
TesUraianSingkat
7.
PerangkatAsessment
:
Tes
8.
Aspek yang dinilai
:
8.1
Pengertian



8.2
Bagian - bagian



8.3
Hubungan
9. Kisi-Kisi
No
Indikator
Pertanyaan
Jawaban
1
Menjelaskan pengertian Nawa Dewata
1.      Kata “Nawa” dalam dewata berarti….
2.      Kata “Dewata” dalam nawa dewata berarti..
1.      Sembilan

2.      Dewa/manifestasi Sang hyang Widhi
2
Bagian – bagian Nawa Dewata
3.      Bagian nawa dewata yang menguasai arah timur yaitu…
4.      Dewa samsakara merupakan dewa penguasa arah……
3.      Dewa iswara

4.      Barat laut
3
Hubungan Nawa Dewata dan Sang Hyang Widhi
5.      Dalam hubunguanya nawa dewata sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi berstana di……
6.      Pura Kahyangan jagat
10. Instrument
Isilahtitik di bawahinidenganjawaban yang benar!
1.      Kata “Nawa” dalam dewata berarti….
2.      Kata “Dewata “dalam nawa dewata berarti…..
3.      Bagian nawa dewata yang menguasai arah timur yaitu…
4.      Dewa samsakara merupakan dewa penguasa arah……
5.      Dalam hubunguanya nawa dewata sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi berstana di……

























OTENTIK ASESMEN


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VIII)
3.
StandarKompetensi
:
Orang Suci
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2
4.3
Mampu menjelaskan pengertian orang suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci
5.
Indikator
:
5.1
5.2
5.3
Dapat menjelaskan pengertian orang suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang suci
Dapat  mengetahui tingkatan orang suci.
6.
MetodeAssesment
:
True False Test
7.
PerangkatAsessment
:
Tes
8.
Aspek yang dinilai
:
8.1
Pengertian



8.2
Ciri - ciri



8.3
tingkatan
9. Kisi-kisi
No
Pernyataan
True
False
1
Orang suci adalah manusia yang memiliki kekuatan mata batin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani serta mempunyai kepekaan untuk menerima wahyu tuhan.

2
Berpenampilan tegang dan menakutkan merupakan ciri – ciri orang suci

3
Rohaniawan Hindu yang langsung menerima wahyu dari Sang Hyang Widhi disebut Pinandita

4
Rohaniwan Hindu yang telah melaksanakan upacara diksa (dwijati) disebut sulinggih

5
Dalam tingkatan orang suci pinandita berada pada tingkatan tertinggi


10. Instrument
Isilahtitik-titik di dalamkurungdengan T jikapernyataanbenardan F jikapernyataansalah.
1.      (…)Orang suci adalah manusia yang memiliki kekuatan mata batin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani serta mempunyai kepekaan untuk menerima wahyu tuhan.
2.      (…) Berpenampilan tegang dan menakutkan merupakan ciri – ciri orang suci
3.      (…) Rohaniawan Hindu yang langsung menerima wahyu dari Sang Hyang Widhi disebut Pinandita
4.      (…)Rohaniwan Hindu yang telah melaksanakan upacara diksa (dwijati) disebut sulinggih
5.      (…)Dalam tingkatan orang suci pinandita berada pada tingkatan tertinggi

























OTENTIK ASESMEN


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VIII)
3.
StandarKompetensi
:
Orang Suci
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2
4.3
Mampu menjelaskan pengertian orang suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci.
5.
Indikator
:
5.1
5.2
5.3
Dapat menjelaskan pengertian orang suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang suci
Dapat  mengetahui tingkatan orang suci.
6.
MetodeAssesment
:
Matching Test
7.
PerangkatAsessment
:
Tes
8.
Aspek yang dinilai
:
8.1
Pengertian



8.2
Ciri - ciri



8.3
Tingkatan
9. Kisi-Kisi
No
Pertanyaan
Jawaban
1
Rsi penerima wahyu
Sapta rsi
2
Tingkatan tertingggi orang suci
Maharesi
3
Melaksanakan dwijati
Pandita
4
Pinandita
Ekajati
5
Muput persembahyangan purnama /tilem
Pemangku
10. Instrument
NO
PERNYATAAN A
PERNYATAAN B
1
Rsi penerima wahyu
a.       Pemangku
b.      Pinandita
c.       Ekajati
d.      Sapta rsi
e.       maharesi
2
Tingkatan tertingggi orang suci
3
Melaksanakan dwijati
4
Pinandita
5
Muput persembahyangan purnama /tilem


OTENTIK ASESMEN


1.
Mata Pelajaran
:
Agama Hindu
2.
Kelas
:
SMP (VIII)
3.
StandarKompetensi
:
Orang suci
4.
KompetensiDasar
:
4.1
4.2
4.3
Mampu menjelaskan pengertian orang suci
Mampu mengetahui ciri – ciri orang suci
Mampu mengetahui tingkatan orang suci
5.
Indikator
:
5.1
5.2
5.3
Dapat menjelaskan pengertian orang suci
Dapat mengetahui ciri – ciri orang suci
Dapat  mengetahui tingkatan orang suci.
6.
MetodeAssesment
:
Objective Test
7.
PerangkatAsessment
:
Tes
8.
Aspek yang dinilai
:
8.1
Pengertian



8.2
Ciri – ciri



8.3
tingkatan
9. Kisi-Kisi
No
Pertanyaan
Jawaban
1
Manusia yang memiliki kekuatan mata batin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani disebut…..
1. orang suci
2
Rohaniawan Hindu yang sudah melaksanakan upacara diksa disebut……..
2. sulinggih
3
Berikut adalah rsi – rsi yang menerima wahyu Tuhan, kecuali………
3. Rsi Yyasa
4
Seseorang akan menjadi pinandita setelah melaksanakan upacara…
4. Mawinten
5
1)      wanita yang tidak kawin (kanya)
2)      pasangan suami istri yang sah
3)      berpengalaman luas
4)      cacat fisik dan rohani
5)      berhati keras
dari pernyataan diatas yang termasuk syarat pandita adalah…………
5. (1,2,3)


10. Instrument
Pilihlahsalahsatujawaban yang benar!
1.      Manusia memiliki kekuatan mata bathin dan dapat memancarkan kewibawaan rohani disebut…
a.       Orang kafir                        d. orang gila
b.      Orang sakti                        e. orang sakit
c.       Orang suci
2.      Rohaniawan Hindu yang telah melaksanakan upacara madiksa disebut………
a.       Balian                                d. pinandita
b.      Pemangku                         e. dukun
c.       Sulinggih
3.      Berikut ada;ah rsi – rsi penerima wahyu Tuhan kecuali………
a.       Grtsamada                         d. Kanva
b.      Vyasa                                e. Atri
c.       Vasista
4.      Seseorang akan menjadi pinandita setelah melaksanakan upacara ….
a.       Mawinten                          d. diksa
b.      Ngaben                              e. metatah
c.       nganten
d.      wanita yang tidak kawin (kanya)
e.       pasangan suami istri yang sah
f.       berpengalaman luas
g.      cacat fisik dan rohani
h.      berhati keras
dari pernyataan diatas yang termasuk syarat pandita adalah…………
a.       (1,3,5)                                d. (1,4,5)
b.      (3,2,1)                                e. (1,2,4)

c.       (2,4,5)

No comments:

Post a Comment