google-site-verification: googled93a9cab977745d2.html TUGAS SEKOLAH FUN: PROPOSAL PENELITIAN PENGARUH KEBERADAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (TUGAS SMK)

Search This Blog

Friday, 20 May 2016

PROPOSAL PENELITIAN PENGARUH KEBERADAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (TUGAS SMK)

PROPOSAL PENELITIAN
PENGARUH KEBERADAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang matang. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berfikir kritis, kreatif dan produktif.
Negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti mendaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan banyak cara yang dapat kita capai, diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan.
Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh keberadaan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah?
  2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah?

1.3  Tujuan Penelitian
Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian perpustakaan adalah suatu institusi unit kerja yang menyimpan koleksi bahan pustaka secara sistematis dan mengelolanya dengan cara khusus sebagai sumber informasi dan dapat digunakan oleh pemakainya.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler, di samping itu dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar. Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program sekolah, diantaranya adalah:
a.       Memupuk rasa cinta, kesadaran dan kebiasaan membaca.
b.      Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
c.       Memperluas pengetahuan para siswa.
d.      Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
e.       Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
f.       Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
g.      Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien terutama dalam menggunakan bahan-bahan refrensi.
h.      Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksanaan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.

1.4  Manfaat Penelitian
Dengan dikerjakannya proposal penelitian ini manfaat yang bisa didapat dengan cara lebih sering mengunjungi perpustakaan yaitu mampu meningkatkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan up to date yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.




 




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Kajia
            Perpustakaan merupakan bagian integral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
            Sesuai dengan judul proposal penelitian ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
            Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan oleh pembaca dan bukan untuk dijual.
            Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi bisa berupa film, slide atau lainnya, yang dapat diterima di perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya.
            Dengan memperhatikan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
            Menurut RUU perpustakaan pada bab I pasal I menyatakan perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
            Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
            Banyak kalangan terfokus untuk memandang perpustakaan sebagai sistem, tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Sebagai sebuah sistem, perpustakaan terdiri dari beberapa unit kerja atau bagian yang terintegrasikan melalui sistem yang dipakai untuk pengolahan, penyusunan, dan pelayanan koleksi yang mendukung berjalannya fungsi-fungsi perpustakaan.

2.2 Rumusan Hipotesis
Judul   : Pengaruh Keberadaan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Ho       : Tidak ada pengaruh perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa.
Ha       : Ada pengaruh perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa.






















BAB III
METODE PENELITIAN

1. Definisi Operasional
Definisi operasinal variabel     :           Keberadaan Perpustakaan
                                                            Prestasi Belajar Siswa
            Dengan melakukan penelitian ini, maka variabel manipulasi yang dapat dirumuskan antara lain jumlah siswa yang berada di perpustakaan hanya beberapa, itupun kalau jumlahnya banyak, paling yang dipinjam  buku cerita/novel, jarang di antara mereka yang meminjam buku pelajaran.
            Prestasi belajar siswa = karena kebanyakan siswa hanya meminjam buku cerita dan ceritanya bagus maka siswa kesenangan membaca buku cerita itu dan lupa untuk mempelajari mata pelajaran yang akan didapat besoknya maka prestasi belajar siswa tersebut menjadi rendah dan nilai ulangan hariannya pun di bawah standar.

2. Rancangan Penelitian
            Penelitian ini merupakan penelitian dua arah yang tujuannya hanya ingin mengetahui apakah ada perbedaan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

3. Populasi dan Sampel
            Ada seorang siswa yang bernama Uriandani, dari mulai bersekolah di SMK dia tidak pernah datang ke perpustakaan, dia bilang kalau dia males datang ke perpustakaan, dan dia juga tidak begitu senang membaca buku, dan saat dia mengikuti ulangan harian rata-rata nilainya kebanyakan masih di bawah standar.
            Sedangkan siswa yang lain bernama Sukarini dia sangat sering datang ke perpustakaan, di samping itu dia juga sangat gemar membaca. Dia sangat hobi sekali membaca dan setiap dia mengikuti ulangan harian dia jarang remedi, nilainya bagus, itupun kalau dia remidi paling hanya 2 atau 3 mata pelajaran dari semua mata pelajaran yang ada.
 
4. Instrument, Alat, dan Bahan
            Dalam penelitian ini, instrument, alat, dan bahan yang diperlukan sangat sederhana yaitu buku tulis, pulpen, dan sampel atau keterangan dari siswa yang sering datang ke perpustakaan dan siswa yang tidak pernah datang ke perpustakaan.

5. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
            Disini yang dimaksudkan prosedur pelaksanaan penelitian adalah langkah-langkah kerja penelitian. Dalam penelitian ini langkah-langkahnya yaitu:
a.       Yang pertama adalah menanyakan kepada beberapa teman apakah dia sering  ke perpustakaan atau tidak.
b.      Selanjutnya setelah sudah mendapatkan dua sampel siswa, yaitu siswa yang sering datang ke perpustakaan dan siswa yang tidak pernah datang ke perpustakaan.
c.       Kemudian peneliti langsung menanyakan alasan kepada mereka kenapa tidak pernah datang ke perpustakaan dan kenapa sering datang ke perpustakaan.
d.      Setelah mendapat penjelasan dari mereka, peneliti langsung menanyakan nilai mereka saat melaksanakan ulangan harian.
e.       Yang terakhir, setelah mendapat jawaban akhirnya benar, siswa yang tidak pernah datang ke perpustakaan nilai ulangan hariannya masih di bawah standar sedangkan siswa yang rajin datang ke perpustakaan nilai ulangan hariannya lebih tinggi.

6. Rancangan Analisis Data

7. Jadwal Penelitian

No
Hari/Tanggal
Uraian Kegiatan
Keterangan
1.
Jumat, 06/10/2015
Mengumpulkan alat-alat yang diperlukan, yaitu buku dan pulpen.

2.
Sabtu,
07/10/2015
Mencari sampel siswa yang sering datang ke perpustakaan.

3.
Senin, 09/10/2015
Mencari sampel siswa yang tidak pernah datang ke perpustakaan.

4.
Rabu,
11/10/2015
Menanyakan nilai ulangan harian kedua siswa tersebut.

5.
Kamis, 12/10/2015
Membandingkan hasil atau nilai ulangan harian kedua siswa tersebut.

6.
Jumat,
13/10/2015
Menyusun proposal penelitian.


















BAB IV
PENUTUP

4.1 Simpulan
            Berdasarkan uraian bahasan “Pengaruh Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa” dapat disimpulkan bahwa:
  1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
  2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
  3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

4.2 Saran
            Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
a.       Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
b.      Peran pengelola perpustakaan/pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.











No comments:

Post a Comment